03 February 2008

Bunka Competition 2008 Adu Bahasa Inggris dan Jepang di SMA Negeri 1 Cisarua


Wuih, dii atas lereng pegunungan dengan pemandangan Kota Bandung di kejauhan, terletak SMA Negeri 1 Cisarua. Biasanya, pada hari Sabtu dan Minggu, "enggak" banyak orang yang berseliweran di skul yang satu ini. Namun, pada hari Sabtu (2/2) dan Minggu (3/2), ada yang beda!.


Satu-satunya perwakilan tingkat SMP, yaitu SMP Labschool UPI, berpartisipasi dalam kompetisi bahasa Jepang di hari kedua. Anne dan Dinda, dari kelas IX dua-duanya ngerasa seneng banget bisa ngedapetin pengalaman buat menguji kemampuan bahasa Jepang mereka. Hebat, yah? Masih SMP udah jago ngomong domo arigatou dengan fasih? Well, ternyata bahasa Jepang merupakan pelajaran mulok wajib di SMP Labschool UPI. Wajar aja, anak-anaknya lumayan jago berbahasa Jepang.

Apa pasal? Rupanya, di SMA Negeri 1 Cisarua, lagi diadain Bunka Competition 2008. Ini adalah kompetisi adu keterampilan bahasa Inggris dan Jepang yang diadakan oleh SMA Negeri 1 Cisarua. Mengundang beberapa perwakilan sekolah se-Jabar seperti SMAN 2 Cirebon, SMAN 2 Bandung, SMAN 3 Bandung, SMAN 1 Banjar, SMAN 1 Cimalaka-Sumedang, SMPN Labschool UPI, SMA Plus Harapan, dan skul lainnya. Anehnya, kompetisi ini justru tidak diikuti oleh perwakilan dari SMA Negeri 1 Cisarua. "Anak-anak SMA Negeri 1 Cisarua biar jadi event organizer aja," tukas Rizzal Muttaqin, ketua pelaksana Bunka Competition dari SMA Negeri 1 Cisarua.

Spanduk sponsor bertuliskan "Pikiran Rakyat" dan sponsor lain menghiasi kompleks sekolah. Dan aula sekolah dengan panggilan sayang SMA Negeri 1 Cisarua ini dijejali ratusan orang yang sedang sibuk berbicara dengan bahasa Inggris dan Jepang.

Kompetisi ini dibagi menjadi dua hari, di mana hari pertama, Sabtu (2/2), adalah kompetisi bahasa Inggris yang terdiri dari Speech Contest, Storytelling, Newsreading, dan Problem Analysis. Sedangkan untuk kompetisi bahasa Jepang pada hari Munggu (3/2), ada dua kategori yang dilombakan, yaitu Rodoku Kontesuto (kompetisi membaca berita), dan Shuji (kaligrafi Jepang).

Dalam problem analysis, peserta diwajibin buat bikin esai tentang tema yang sudah ditentukan, lalu mengerjakan isian soal grammar bahasa Inggris, dan melakukan presentasi tentang esai yang telah dibuat. "Problem Analysis, mungkin adalah kategori lomba bahasa Inggris yang paling susah, soalnya pesertanya harus jago Inggris secara lisan dan tulisan," jelas Rizal.

Di sela-sela acara, para peserta dan perwakilan sekolah dihibur juga dengan penampilan dari ekskul angklung serta penampilan sejumlah band sekolah SMA Negeri 1 Cisarua. Siska dan Bilal, dari SMA Plus Harapan, yang ikutan Rodoku Kontesuto, mengaku kalo mereka cukup senang dengan Bunka Competition ini. "Jarang banget ada yang ngadain event sejenis, makanya kita seneng berpartisipasi di event ini," ungkap Bilal dan Siska.

Untuk hari pertama, SMAN 2 Cirebon meraih penghargaan sebagai juara umum untuk kompetisi bahasa Inggris, dan SMAN 3 Bandung menjadi juara umum untuk kompetisi bahasa Jepang. Moga-moga tahun depan anak-anak SMA Negeri 1 Cisarua bisa kembali ngebikin event yang sama serunya dengan Bunka Competition 2008.***

Daftar Pemenang:

Kompetisi Bahasa Inggris

Problem Analysis - SMAN 1 Soreang

Speech Contest - SMAN 1 Lembang

Storytelling - SMAN 2 Cirebon

Newsreading - SMAN 2 Cirebon

Kompetisi Bahasa Jepang


Rodoku Kontesuto - SMAN 3 Bandung

Shuji Kontesuto - SMAN 3 Bandung


0 komentar:

Hitung






Komentar

Tentang Blog Ini

Seorang pembelajar yang berharap tidak berhenti belajar, seorang hamba yang berharap tidak berhenti menghamba

Followers