13 March 2010

Yang Baru :Ubuntu 10.04 Lucid Lynx

Ehm... kayaknya udah gak sabar lagi buat Release Party di kampus bersama Pak Eko dan pak DJ (Kewreen). relese party apaan tuh? Nggak, ceritanya bagi pemakai Ubuntu (sorry, windows udah bosen sih tapi tetep pake ;P), nah berdasarkan jadwal dari UbuntuWiki, Ubuntu Lucid Lynx yang merupakan codename v 10.04 (04=April, 10=tahun 2010), versi stabil Ubuntu Lucid Lynx akan dirilis pada tanggal 29 april 2010. ehm, penomoran ini kayaknya nomor spesial, soalnya rilis pertama Ubuntu kan Ubuntu 4.10 (Warty Warthog).

Berita terbarunya, ini nih logo terbaru yang memang revolusioner setelah selama-bertahun-tahun menggunakan logo yang kurang lebih sama, akhirnya muncul yang kayak gini (Tapi jadi ingat SCTV hehehe :P)



Apa sih yang baru dari Ubuntu Lucid Lynx, rumor punya rumor, satu hal yang sering mencuat di dunia maya, Ubuntu Lucid Lynx ini akan memiliki versi GTK+ yang ciamik dengan dukungan RGBA. RGBA ini merupakan model RGB dan kanal alpha untuk transparansi dan translusensi. Apa artinya? Katanya tema transparansi (menyaingi windows) akan diahadirkan dan transparansi tersebut berada pada tingkat widget, bukan tingkat border dan window lagi seperti sekarang. Namun sayangnya, tidak akan digunakan Lingkunan Desktop Gnome 3, melainkan masih GNOME 2.x. lalu, "human theme" akan digantikan dengan "light theme".

Oh ya, apabila nanti versi stabil sudah tiba, temen-temen yang mau ngupgrade bisa melalui dua cara
Cara I

  1. Masuk Menu->Accessoris->Terminal

  2. masukkan kata kunci sudo update-manager -d
  1. Masukkan password, nah di bagian paling atas jika ada pemberitahuan versi baru, klik Upgrade, untuk langkah selanjutnya, tinggal klik-klik saja



Cara 2
  1. Tekan Alt+F2

  2. Masukkan update-manager -d
  1. Karena masuk dalam mode user biasa, setelah klik "Check" akan diminta password

  2. selanjutnya sama seperti di atas





1 komentar:

Anonymous said...

lucid lynx emang keren gan, tapi beberapa fitur app dah banyak yang dikurangin!!

Hitung






Komentar

Tentang Blog Ini

Seorang pembelajar yang berharap tidak berhenti belajar, seorang hamba yang berharap tidak berhenti menghamba

Followers