14 November 2009

Rekruitmen Beasiswa ITB Untuk Semua


Pendidikan adalah untuk semua, makanya ada ITB Untuk Semua. Walau aku tidak berhasil menembus gawang terakhir BIUS (Beasiswa ITB Untuk Semua), aku berharap tahun 2010 lebih banyak lagi siswa-siswa yang mencoba BIUS ini, nah pada kesempatan ini aku ingin merepost dari pesan masuk  Faceboook ku tentang Beasiswa ITB Untuk Semua 2010. Ini aku dapatkan dari Kang Andrianto Soekarnen Padmadinata, salah seorang volunteer yang keren dan dedikatif demi pendidikan bangsa. Langsung aja yah....

Rekrutmen program Beasiswa ITB Untuk Semua 2010 mengalami beberapa perubahan dibanding sebelumnya, BIUS 2009.Mudah-mudahan, dengan sistem baru, yang lebih terintegrasi dengan program ITB, BIUS 2010 dapat merekrut lebih banyak penerima beasiswa (dibanding BIUS 2009).

Perubahan terpenting adalah pengintegrasian BIUS ke dalam skema Beasiswa Biaya Pendidikan Penuh (BBPP) yang telah lama dilaksanakan ITB. Sesuai namanya, BBPP menanggung seluruh biaya pendidikan atau seluruh biaya kuliah. Sementara itu, BIUS (yang kini juga dinamakan Beasiswa Biaya Pendidikan Penuh dan Bantuan Biaya Hidup) adalah BBPP+ karena juga menanggung ongkos tempat tinggal (asrama) dan biaya hidup selama kuliah.

Seluruh peminat BIUS harus mendaftar sebagai pelamar BBPP. Nanti, di antara penerima BBPP tersebut akan diseleksi (berdasar nilai terbaik, pengalaman organisasi dan ketersediaan beasiswa) penerima BIUS.

Perubahan kedua adalah ujian yang akan dilaksanakan di daerah, tidak lagi secara terpusat. Dalam skema sederhananya, mekanisme penerimaan BIUS 2010 adalah sbb:

1) Peminat mendaftar sebagai calon penerima BBPP dengan mengirimkan kelengkapan bukti     berasal dari keluarga kurang mampu (9 November 2009 s/d 24 Desember 2009)


2) ITB akan menilai kelengkapan dokumen dan keabsahan persyaratan. Mereka yang dinyatakan lulus untuk ikut ujian akan segera dikabari melalui e-mail. Mereka dinyatakan berhak mengikuti ujian secara gratis. Untuk informasi, normalnya, biaya ujian adalah sekitar Rp800.000. (Pengumuman lewat e-mail kira-kira Desember 2009 s/d pertengahan Januari 2010)


3) Calon penerima BBPP harus mendaftar ujian (dinamakan PMBP-ITB 2010) secara online. (7 Desember 2009 s/d 29 Januari 2010)


4) Ujian akan dilaksanakan di 3 wilayah: DKI Jakarta–Banten (13–14 Maret di Jakarta, Serpong dan Cilegon), Luar Jawa (20–21 Maret di Medan, Pekanbaru, Palembang [tentatif], Balikpapan, Bontang, Makasar dan Denpasar) serta Pulau Jawa (27–28 Maret di Bekasi, Bogor, Bandung, Magelang dan Surabaya).


5) Peserta yang lulus ujian otomatis mendapat BBPP. Tim seleksi kemudian akan melakukan rapat untuk menentukan penerima BIUS di antara para penerima BBPP tersebut. Pengumuman penerima BBPP dan BIUS dilakukan pertengahan April 2010.

Dengan sistem ini, diharapkan ITB akan menerima lebih banyak mahasiswa dari keluarga kurang mampu. Kampanye BIUS (yang diharapkan seefektif pada BIUS 2009) mudah-mudahan dapat meningkatkan jumlah peminat BBPP sehingga bertambah pula kemungkinan jumlah yang lulus ujian. Untuk tahun ajaran 2009, BIUS diberikan kepada 40 mahasiswa baru ITB.

Informasi lengkap BIUS 2010 dapat dilihat di situs http://www.itbuntuksemua.com dan http://usm.itb.ac.id/.

Mohon informasi ini disebarluaskan di jejaring masing-masing.
Salam hangat penuh semangat



Andrianto Soekarnen
Koordinator Penggalangan Dana & Promosi
Tim Penyelenggara Beasiswa ITB Untuk Semua


0 komentar:

Hitung






Komentar

Tentang Blog Ini

Seorang pembelajar yang berharap tidak berhenti belajar, seorang hamba yang berharap tidak berhenti menghamba

Followers