12 October 2010

Defragmentasi di Linux

Kali ini aku ingin sedikit sharing mengenai sistem berkas di sistem operasi GNU/Linux beserta turunannya. Mungkin bagi temen-temen yang baru mengenal dunia Linux agak bingung mengenai aplikasi apakah yang cocok yang baik digunakan untuk mendefragmentasi harddisk.

Defragmentasi merupakan proses yang dilakukan untuk merapikan data-data di harddisk. Pada dasarnya sistem penyimpanan NTFS seperti menyimpan baju kita di lemari. Andaikata lemari kita mempunyai empat ruangan, tentunya kita tidak memasukkan langsung semua pakaian ke lemari kita. Pasti ada ruangan kosong di setiap segmen. Nah, defragmentasi itu merupakan proses yang dilakukan untuk merapikan susunan pakaian tersebut.

Di sistem operasi Jendela, banyak sekali aplikasi yang tersedia untuk mendefragmentasi harddisk, seperti TuneUp utilities, Advanced SystemCare, atau aplikasi-aplikasi lainnya. Trus, kalau di Linux apa?

Usut-punya usut, sistem berkas ext3 atau ext4 di GNU/Linux tidak memerlukan defragmentasi karena memiliki algoritma sendiri. Jadi, biarkan saja dia apa adanya tanpa harus ribet dengan permasalah defragmentasi.

0 komentar:

Hitung






Komentar

Tentang Blog Ini

Seorang pembelajar yang berharap tidak berhenti belajar, seorang hamba yang berharap tidak berhenti menghamba

Followers