15 January 2010

Tips-tips Menembus Paramadina Fellowship 2010 I


Nah, bagi kamu-kamu yang sering buka info "BEASISWA" di Internet, aku jamin deh dikit-dikit pasti pernah nyangkut di info Paramadina Fellowship (kecuali yang umpannya salah hehe...:P). Nah, udah pada tau kan Universitas Paramadina sekarang mengadakan beasiswa yang ketiga kalinya untyk putra-putri pilihan.. Trus, banyak sih yang nanyain .."Kaka, gimana sih caranya biar lolos?" atau "Zal, tesnya apa aja sih??". OKElah kalau begitu, sekarang aku mau sharing-sharing nih BAGAIMANA CARANYA UNTUK MENINGKATKAN PELUANG LOLOS, inget yah, PELUANG LOLOS, bukan berarti aku ngejamin lolos, karena

1. Aku bukan makelar Paramadina
2. Apalagi MAFIA HUKUm, ih sereem,.
3. Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat, eh keputusan tim panel yah
4. Kita hanya bisa ikhtiar, abis itu do'a dan tawakkal, tapi inget... Alloh yang nentuin mah

ya udah, itu bebrapa point yang kuddu, musti harus, wajib kamu-kamu catet yah, biar dapet tuh Paramadina Fellowship 2010. 125 juta wah-wah, hampir menyamai lagu Rhoma Irama (kikikwkwwk)

Tips Untuk Lolos Seleksi Berkas'

1. Kamu tentu harus memenuhi prasyarat dan syarat yang tertera tuh. yang intinya track record kamu selama hidup ini. Maksudnya selama di SMA ini haruslah baek lah. Mulai dari nilai raport, keoraganisasian, kepemimpinan, piagam dan embel-embel lain lah pokonya. yakin gak pada itu semua. kalo gak yakin, hitung dulu tuh secara kualitatif diri kamu itu, apakah suka bolos gak di skolahan.

2. Segera DETIK ini DONLOD tu formulir PF kalo kamu merasa mau...
3. Perhatikan lembar per lembarnya, kalo bisa sepenuh yang kau bisa. Eit tapi inget harus jujur yaaah.

4. Kalo perlu tambahkan keterangan lain yang bisa menguatkan, misalnya untuk yang kurang mampu, bisa melampirkan SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu) dan SKP (Surat Keterangan Penghasilan) dari minimal Kelurahan lah.

5. Jangan terlalu terpaku pada apa yang ada. Maksudnya, apabila kamu punya karya dari semenjak SD, mau puisi, karikatur, karya drama atau yang lainnya kalo bisa yang berhubungan dengan jurusan apa yang kamu pilih di UPM (Universitas Paramadina) nanti.

6. Nah, satu hal yang terpenting, yaitu... ESSAY, Kamu harus bener-bener, jangan asal dalam mengisi ESSAy ini karena ESSAy tersebut merupakan "kamu" di ahadapan tim panel. Buatlah essay sejujur apa yang kamu impikan selama ini. Esay mencerminkan diri kamu di hadapan meraka. So, menurutku sih sederhana saja, kamu jangan mengeluh atas keterbatasanmu dalam menggapai perguruan tinggi. Tetap beri harmoni imipan, semangat dan tekad yang kuat. Tuangkan setiap diksi dengan penuh perasaan. banyak lho temen-temen laen yang prestasinya segudang, namun esaynya secuil. pilihlah essay yang memang benar-benar membuat kamu terenyuh pada peristiwa tersebut(Kalo yang Pengalaman PAHIT saya).

Tips untuk Lolos Seleksi Wawancara
Bersambung klik di sini

2 komentar:

Saeful Gen's said...

Keren zal,,,makasih ya infonya. by http://saepulisme.blogspot.com

rizmut said...

Iya sip, sami-sami Iful

Hitung






Komentar

Tentang Blog Ini

Seorang pembelajar yang berharap tidak berhenti belajar, seorang hamba yang berharap tidak berhenti menghamba

Followers