21 May 2017

Mengganti Nama Berkas (File Rename) dalam Jumlah Banyak dengan KRename



Memiliki berkas yang tidak rapih memang suatu masalah tersendiri bagi beberapa orang, dan mengganti nama secara manual satu per satu juga bukan pilihan yang bijak. Masih mending jika berkasnya masih di bawah sepuluh buah, bagaimana jika yang akan kita ganti nama ada puluhan atau bahkan ratusan buah (kenapa pake "buah" ya?). Nah, makanya kita akan coba mempelajari bagaimana cara untuk mengotomatisasikannya, bukankah itu tujuan adanya komputer? Salah satu aplikasi bebas kode sumber terbuka yang didedikasikan untuk keperluan ini adalah KRename.


Untuk memasang aplikasi KRename ini di Ubuntu, cukup jalankan perintah berikut ini di terminal:

sudo apt-get install krename -y

Untuk distro keluarga Redhat (Fedora, CentOS, Kororaa, dan sekeluarga), bisa pake perintah ini:

sudo dnf install krename


Untuk distro lain silakan menyesuaikan sendiri ya.

Setelah terpasang, KRename ini bisa kita panggil dari peluncur kesukaan.

KRename ini memiliki banyak sekali pengaya (plugin) yang bisa didayagunakan. Selain itu, kita juga bisa menambahkan awalan (preffix), atau akhiran (suffix) pada nama-nama berkas sesuai keinginan, apakah dengan suatu kata/frasa tertentu yang sama, atau dengan penomoran berurutan atau penanggalan.

Sekarang kita akan mencoba menggunakan dengan kasus yang sederhana aja.

Contoh 1: Menghapus Awalan Nama Berkas

  1. Jalankan KRename, kemudian kita akan disuguhkan tab pertama "1. Files" untuk memasukkan berkas yang akan kita ganti. Saya mencoba memasukkan semua berkas audio mp3 secara manual dari satu folder (Ctrl + pilih berkas audio mp3 saja untuk menghindari ikut masuk/terpilihnya berkas gambar kover lagu yang juga ada di folder tersebut) ternyata muncul peringatan yang mengatakan tidak bisa melakukan pemilihan berkas. Akhirnya saya coba masukkan dengan memilih foldernya saja, dan ternyata berhasil. Hanya saja setelah itu saya harus memilih berkas gambar kover lagu yamg tidak akan saya ganti nama tadi kemudian klik  [Remove] untuk mengeluarkannya dari seleksi.  
  2. OK setelah itu pada tab "2. Destination" kita diminta untuk tentukan tujuan berkas yang akan diganti nama. Karena saya sangat sayang (ciee sayang) sama ruang penyimpanan, makanya saya memilih opsi "Overwrite existing file". Untuk tab "3 plugins" kita bisa lewati saja ini bersama (huwalaa).
  3. Langsung ke opsi "4. Filename" Dalam contoh ini yang akan saya hapus adalah tulisan "Tarabyon.com_" sehingga pada bagian "Filename" saya pilih "Custom name", dan sebagai bantuan saya klik ikon lampu kuning untuk melihat opsi regular expression apa saja yang tersedia.

Ternyata di sana ada opsi "[$x-y]" yang artinya karakter x sampai y dari nama berkas yang lama. "$" sendiri menunjukkan nama berkas yang lama.

OK Setelah saya hitung ternyata prefix "Tarabyon.com_" memiliki 13 karakter, sehingga saya akan membiarkan karakter ke 14 dari nama berkas yang lama dan seterusnya. Oleh karena itu, regular expressionnya adalah

[$14-0]

artinya karakter ke 14 sampai 0 yang akan dipertahankan. Sebenarnya angka setelah tanda "-" bisa kita kosongkan menjadi "[$14-]", atau kita atur berapapun DENGAN SYARAT NILAINYA DI BAWAH 14, bisa 13 ("[$14-13]"), 12
("[$14-12]") atau sampai 0 ("[$14-0]") sekalipun. Tenang saja, kita bisa mencoba-coba angka tersebut karena nanti di bagian bawah ada bilah yang bisa kita jadikan sebagai bahan perbandingan antara "Origin" dan "Renamed".

Setelah yakin, klik tombol [Finis]. Tadaaa!!, prefix "Tarabyon.com_" sudah bisa dihilangkan tanpa perlu mengganti nama berkas satu per satu.

Oh iya, jika terjadi kekeliruan, kita bisa meng-undo tenang saja.


Contoh 2: Menghapus Akhiran Nama Berkas dan Memindahkannya di Awal Nama Berkas

OK tadi mungkin lebih mudah, yaitu menghapus beberapa karakter di awal. Nah, sekarang gimana kalau kita maunya memindahkan karakter di akhir dan menambahkannya kembali di awal? Saya juga sempet bingung dan mencoba-coba rumus di atas dengan penggunaan nilai angka dan operasi yang berbeda (nilai + alih-alih minus). Ternyata tidak ada yang memuaskan. Setelah saya perhatikan kembali, ternyata ada fitur "Find and Replace" ya di tab "4. Filename". Langsung aja cekidot.

Siapkan berkas yang akan diganti namanya, di dalam contoh ini saya buat tiga berkas text dengan akhiran (suffix) " - Kang Ibing", yaitu "Si Borokokok - Kang Ibing.txt", "Si Ontohod - Kang Ibing.txt" dan "Si Bangkar Warah - Kang Ibing.txt".

 

Setelah memasukkan berkas-berkas tersebut sebagaimana pada contoh sebelumnya, pada tab "4. Filename", pastikan kita sudah memilih sub-tab "Simple Filename". Pada bagian "Preffix", kita isi medan dengan tulisan "Kang Ibing - " (pakai spasi ya di akhirnya). Maka hasilnya akan seperti ini:

Untuk menghapus akhiran " - Kang Ibing", maka kita akan pergunakan fungsi "Find and Replace". Klik tombolnya, setelah keluar dialognya, klik tombol [Add].


Pada bagian Find, isi dengan " - Kang Ibing". Karena kita sebenarnya bukan ingin menggantinya, melainkan akan menghilangkannya, maka pada bagian "Replace With" kita kosongkan saja. Setelah itu klik tombol [Ok] .


Klik [OK] lagi. Fungsi "Find and Replace" ini hanya akan berpengaruh pada nama berkas lama, bukan pada nama berkas baru.






Setelah itu, seperti sebelumnya klik tombol [Finish].

Demikian tutorial sederhana ini semoga bisa membantu.

0 komentar:

Hitung






Komentar

Tentang Blog Ini

Seorang pembelajar yang berharap tidak berhenti belajar, seorang hamba yang berharap tidak berhenti menghamba

Followers